Jumat, 14 Agustus 2009

PERJALANAN MENYENANGKAN DENGAN SI KECIL


Liburan panjang hampir tiba. Tak perlu bingung dan panik mengajak bayi kita melakukan perjalanan. Asal tahu caranya,perjalanan kita akan tetap aman, lancar dan menyenangkan.

Momen liburan panjang biasanya dimanfaatkan untuk bersilahturahmi dengan keluarga di luar kota.Tentunya untuk mencapai kota tujan, membutuhkan waktu.Sebelum kita menjadi orang tua, perjalanan kita tenang, tanpa ada "gangguan".Tetapi setelah memiliki anak?Banyak orang tua ngeri harus mengajak bayi pergi berlibur.Membawanya belanja di dekat rumah saja sudah repot, apalagi perjalanan jarak jauh.Semua perlengkapan bayi harus dikemas.Belum lagi pejalanan yang -membayangkan saja-melelahkan.
Haruskah ditunda? Tak perlu menunda, karena ada tips yang mungkin bisa dipergunakan agar liburan berjalan dengan menyenangkan.
1.Pastikan kondisi bayi dalam keadaan sehat. Tidak pilek, demam, pola makan, minum susu normal.
2.Rencanakan waktu berangkat.
Jika perjalanan dengan mobil cukup jauh,berangkatlah tengah malam, atau siang hari waktu si kecil tidur siang.
3.Masukkan perlengkapan seperlunya.
Siapkan popok,lap,baju,dan perlengkapan lain secukupnya hingga akhir perjalanan. Bila perlu siapkan perlengkapan ekstra kalau-kalau perjalanan lebih lama.
4.Siapkan barang favorit anak.
Misalnya selimut, guling, boneka,atau barang penenang lain di dalam tas.
5.Siapkan kejutan.
Bawa mainan yang mengeluarkan bunyi atau barang lain yang belum pernah dilihat si kecil.Perlihatkan pada saat si kecil sudah mulai bosan dan rewel.Mainan baru ini akan mengalhkan perhatiannya dari kebosanan dan akan membuatnya terhibur.
6.Siapkan dan bawa makanan bayi yang praktis.
7.Beri kesempatan istirahat.
Duduk terus menerus di dalam mobil dalam jangaka waktu yang lama dapat membuat si kecil gelisah.Apalagi apabila dia sudah mulai merambat atau merangkak. Bila perjalanan dengan mobil, berhentilah sesering mungkin.Biarkan dia menghirup udara segar dan bergerak bebas. Kesempatan ini bisa digunakan untuk menyusui.

Selamat berlibur, mudah-mudahan tips tersebut bermanfaat, dan perjalanan liburan menjadi lancar dan menyenangkan bersama si kecil. (atik fb-parents guide magazine)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar