Senin, 17 Agustus 2009

BIJAK DALAM MEMILIH ENRICHMENT CLASS


Dalam mengikutkan si kecil dalam program enrichment class sebaiknya tidak memaksakan kehendak orang tua. Bila kegiatan itu tidak sesuai dengan minat, kemampuan dan bakat anak, sebaiknya tidak dipaksa. Melakukan pemaksaan untuk mengikuti kegiatan yang tidak disukai hanya membuat anak menjadi antipati dan kegiatan belajarpun menjadi sulit. Bila si kecil dipaksa, ia justru tidak akan serius, karena sudah lebih dulu antipati. Ia menjadi terlihat tidak mampu dan bisa membuat rasa percaya dirinya jatuh.

Padahal ini dikarenakan ia tidak berminat, dan justru bisa jadi menonjol bila diikutkan di bidang lain yang diminatinya. Akan menjadi jauh lebih baik jika kegiatan belajar ini dapat diikutinya dengan suasana bermain yang menyenangkan. Oleh karena itu, sebagai orang tua sebaiknya peka terhadap minat dan bakat si anak.

CARI TAHU BAKATNYA
Memilih dan mengikutkan anak pada progam dalam enrichment class sebaiknya tidak dilakukan dengan sesuka hati orang tua. Hal yang harus dijadikan sebagai filter pertama adalah bakatnya. Orang tua sebaiknya mencari tahu apa bakat si kecil.Berikut ini beberapa cara untuk mengetahui bakat si kecil.

1.Mengobservasi anak sejak dini.
Ini adalah langkah terpenting yang dapat dilakukan orang tua. Dari sini, bila bakat anak sudak tampak, maka orang tua dapat mengembangkannya.

2.Berikan rangsangan yang kaya.
Bukan dengan memuji anak secara berlebihan, tetapi dengan menunjukkan keterlibatan dengan ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang diminati anak.

3.Update terus.
Mengikuti perkembangan anak setiap harinya. Adalah tugas orang tua untuk pandai menggali minat dan bakat serta membrikan stimulasi yang tepat.

PENGAYAAN UNTUK KECERDASAN MULTIPEL

Dengan adanya pilihan kegiatan dalam enrischment class, 9 kecerdasan multipel dapat dipacu. 9 kecerdasan itu adalah :
1.Kecerdasan bahasa
2.Kecerdasan akademis : membaca, menghitung, menulis
3.Kecerdasan spasial : menggambar
4.Kecerdasan kinestetik : olah raga, seperti basket, sepak bola, berenang, dan lainnya
5.Kecerdasan sains : misalnya mengamati benda alam, membuat penelitian/ eksperimen kecil.
6.Kecerdasan eksistensi : bisa dikaitkan dengan moral dan penerapan nilai. Biasanya berkaitan dengan agama.
7.Kecerdasan musik
8.Kecerdasan interpersonal : supaya bisa berinteraksi dengan banya orang
9.Kecerdasan intra personal :anak menjadi tahu kelemahan dan kelebihannya.

MANFAAT ENRICHMENT CLASS

Berbagai kegiatan dalam enrichment class akan membawa manfaat positif bagi si anak. Apa saja yang dapat dipetik ?
1.Dapat menjadi sarana mengenali bakat anak sejak dini.
Orang tua menjadi lebih aware terhadap bakat anak, sehingga di kemudian hari tidak terjadi pemaksaan untuk menguasai suatu bidang yang tidak diminati si anak.

2.Dapat memperluas wawasan anak tentang kegiatan di lingkungan sekitarnya.

3.Memunculkan minat dan keinginan anak untuk mecoba. Kadang anak tidak mengtahi adanya berbagai hal yang menarik di luar sana yang mungkin saja akan diminatinya kemudian hari. Dengan enrichment class, ia menjadi tahu berbagai macam hal karena diperkenalkan.

APA SAJA PILIHANNYA?

Bila si kecil sudah mencapai usi 4 tahun, sudah siap dan orang tua sudah memilki gambaran bakat yang dimilikinya, mungkin beberapa kelas di bawah ini bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam agenda si buah hati :
1.Calistung ( membaca, menulis, menghitung). Dengan tetap memperhatikan kesiapan si kecil, dan pilih kelas dengan metode belajar sambil bermain yang menyenangkan dan tidak memforsir.

2.Renang. Di sini anak akan lebih banyak bergerak, sehingga koordina motoriknya akan terlatih. Renang akan mendukung tumbuh kembangnya dengan baik. Hanya saja, hindari kelas renang yang mengharuskan anak untuk memenuhi target. Biarkan si prasekolah bersenang-senang sambil bermain air.

3.Musik. Sama seperti kelas-kelas lain, lupakan target serta pencapaian yang ‘wah’, dan biarkan balita kita bersenang-senang sambil mengenal nada dan alat musik.

4.Bahasa asing. Setelah lancar berbicara dengan bahasa ibu dalam keseharian di lingkungan sekitarnya, tidak ada salahnya mulai memperkenalkan si kecil dengan bahasa asing. Namun tetap harus diingat, bahwa pencapaiannya hanyalah sekedar mengenal bahasa asing tersebut dan jangan berekspetasi berlebihan bahwa ia akan segera lancar bercicara bilingual yang canggih.

5.Menggambar.Kegemarannya membuat coretan-coretan di egala media, termasuk kertas, ataupun dinding rumah, dapat disalurkan di sini. Bila ingin mengikutkannya pada lomab gambar, hindari memberikannya target menjadi juara. Biarkan saja dia menikmati kegiatan corat-coretnya untuk menuangkan ekspresinya.

SEBELUM MENGIKUTKANNYA...
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu ketika pada akhirnya kita memasukkan buah hati kita pada enrichment class:
1.Melakukan observasi mendalam. Untuk meyakinkan bahwa kelas yang dipilih sudah sesuai dengan minat dan bakat si kecil.

2.Perkenalan. Gunakan free trial/ seat-in untuk mencoba apakah si kecil akan menyukainya atau tidak.

3.Hindari janji manis. Hindari mengiming-iming anak untuk ikut kelas tertentu. Keinginan anak harus berdasarkan dari intinsic motivation , yaitu dari dirinya sendiri, bukan berasal dari orang tua.

4.Dukung . Berikan dukungan sepenuhnya apabila si anak sudah terlihat memiliki suatu bakat terntentu.

5.Jangan pernah membandingkannya dengan anak lain.

Pengalaman belajar di usia dini sangatlah penting, sebaiknya tetap berkutat pada dunia yang disenangi anak, yaitu bermain, dan dalam suasana yang menyenangkan.(atik fb--parents guide magazine)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar